“Cegatan” Pak Polisi


 

Bagi pengendara sepeda motor, adalah hal yang menjengkelkan bila harus berurusan dengan Pak Polisi di jalan. Apalagi pas ada razia -atau istilah lazimnya cegatan. Meskipun Pak Polisi punya berbagai macam sandi seperti KETUPAT SEMERU, CANDI SEMERU, atau yang lain.

Tapi pada prinsipnya kalo alat berkendara kurang lengkap atau melanggar aturan (lampu merah, marka, jalur berlawanan) pasti ya kena semprit.

Aku sendiri kalo diitung-itung pernah 2 kali kena dari sekian banyak razia. Pertama, ga’ bawa SIM -pas itu belum punya sih- yang ini di Sragen. Yang kedua, aku dituduh melanggar marka jalan raya, di pintu masuk kota Wates sebelah selatan, arah dari Purworejo.

Menurutku razia pak polisi ini bisa dibagi menjadi 3:

  1. Razia resmi. biasanya pada jam kerja. jam 10-an pagi atau pas siang hari. Kalo kaya’ gini biasanya seulit untuk melobi bapak-bapak. Karena jumlahnya banyak.Jadinya mereka pekewuh kalau menerima didepan orang banyak (baik itu sesama polisi, maupun para yang kena razia). Kalo jam 1/2 tujuh sampai jam 8 pak polisi cenderung ngga’ mempermasalahkan pelanggaran karena tugasnya adalah melancarkan lalu lintas. Jadi kalau pagi gak bawa SIM, gak masalah dah…Tapi liat-liat dulu pak polisinya gahar pa ga’. Nek ketoke gelem gahar daging menungso yo ati-ati aja.
  2. Kalo ada yang pagi-pagi mruput -pas jam sibuk berangkat kerja ato sekolah- ada polisi yang merazia atau mencegat anda, minta aja sidang. Pasti dia ndak mau. trus gitu ngaku aja nggak bawa uang.. adanya sekian pak…biasanya diterima. entah 5 – 10 ribu. Nek ga’ gelem yo bejone awak mas.
  3. Di Pos jaga Polisi. Kalo di tempat seperti ini anda harus extra hati-hati. Dibeberapa tempat munjuli garis sedikit aja langsung kena tuduhan melanggar marka UU sekian pasal sekian. Trus jangan sampai nglanggar lampu merah.

Trus yang perlu juga diwaspadai adalah pemakaian helm standard. Kalau di JOgja kayaknya lebih tertib deh. Kalo di Solo santai aja bro…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s