Sabtu Kemarin, Aku ke Solo (lanjutan)

“Pak DJASMIN mas…,” jawabku di bagian komputerisasi registrasi data pasien.
“Kapan masuknya?” tanyanya lagi.
“Mmm… ya mungkin semingguan ini lah.” jawabku asal.
“Alamat rumahnya?” sambung dia lagi sambil ngutik-ngutik komputernya.
“Serengan coba…, ” nggak yakin juga sih pake alamat ini.

Mmm… pasti kode SQLnya sedang jalan ya… dan jreng gonjreng 1 result show. Kuintip sedikit sistemnya. Visual Basic kali.

“Pak DJASMIN SHOLEH, Anggrek III mas ya. dari sini ke utara terus. Habis tu, naik pol. Pojokan.”
Nggih mas, matur nuwun…,”

Sampai di depan kamar beliau, aku disambut hangat oleh salah satu putra beliau. Masuk ruangan, cuma ada istrinya dan seorang family. Tenang. Ngga ada gurat sedih, cemas, dan gundah di wajah mereka.
Setelah berbasa basi sejenak, sang ibu memberi tau, bahwa bapak sudah di putuskan dokter, tidak ada harapan. Sambil kulihat beliau, posisi tidur dengan selang oksigen di hidungnya.

Sementara ibu solat, aku duduk disamping beliau. Aku do’a sebisanya. Nggak pernah do’a untuk orang sakit. Taunya do’a mau makan dan mau tidur. Pokoknya alfatihah aja sebanyak-banyaknya. Dan berucap semoga Allah memberikan keputusan terbaiknya. Segera dipanggil atau dikasih kesempatan lagi untuk lebih mendekatkan diri kepadanya.

“Yah, begini nak. Bapak mpun ngaten. Dalem nggih mpun ikhlas, kersanipun Gusti Allah pripun. Menawi sampun wayahe dipendet nggih enggal dipendet. Menawi taksih dipun paringi gesang, mugi-mugi nggeh saget ngibadah ingkah langkung sae...,” ucapnya lirih sambil sesekali mengusap wajah bapak. Sesosok jiwa yang tegar, sabar, dan ikhlas.
Njih bu’,” kataku secukupnya. Entah pikiran ini melayang sampai mana. Manusia hanyalah makhluknya. Tidak ada kata “kecuali” untuk menghadapnya kembali. Tinggal waktunya kapan. Waktuku kapan ya??? Ummm. Semoga aku masih bisa melakukan kebaikan yang lain. Dan berharap aku nggak menambah akumulasi dosaku.

3 pemikiran pada “Sabtu Kemarin, Aku ke Solo (lanjutan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s