Pancasila


Lima
(Lima)
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
(Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia)

Itu dulu, sewaktu pak Kepala Sekolah esempeku memimpin pembacaan pancasila hari senin, pas upacara bendera. Waktu itu, tahun 99. Berarti sembilan tahun yang lalu. Hampir satu dasawarsa. Wow, lama amir.

Pancasila, lambang negara indonesiaPagi ini aku iseng-iseng mampir ke blognya INDOBIKERS, yang sengaja membuat satu halaman khusus untuk pancasila. Jadilah teringat masa-masa kejayaan sriwijaya, eh pancasila. nice.

Boleh jadi masa-masa esempe itulah aku mengenal pancasila terakhir. Di esem-a sudah ngga ada acara rutinan upacara hari senin yang bikin mules perut. Berdiri satu jam. Kalo nggak ngumpet di toilet, ya mendingan dateng telat. Kalo nggak bener-bener persiapan makan pagi, ya siap-siap aja mata berkunang-kunang, dan pingsan di tengah perjalanan. Huhhh…, balada upacara yang menyakitkan.
Pelajaran PPKN, atau dulu yang lebih dikenal dengan PMP menjadi pelajaran paling menyebalkan. Karena isinya hafalan mulu. Nilai tujuh merupakan nikmat tiada tara saat itu. Selebihnya kalau ngga empat ya lima. Dapet enam sujud syukur lah.

Di kuliahan mata kuliah pancasila harus aku ambil tiga kali. Pertama dapet E. Kedua C. Ketiga penginnya sih biar bagus, tapi hasilnya mentok di C. Ngga jauh beda dengan pancasila, kewiraan –anggap aja pancasila II– dapet C juga, itupun sudah aku anggap medali emas.

Sekarang, wow. pancasila. ‘Dah lupa-lupa ingat. Nyebutin dari sila satu sampai lima harus mikir beberapa saat. Ngga benar-benar lupa sih.
Tapi teksnya aja ngga apal. Pengamalannya gimana ?
(ini pertanyaan buat saya sendiri, nggak untuk yang lain)
Salut buat INDOBIKERS.

Iklan

1 thought on “Pancasila”

  1. @ bocah cilik

    Horeeeeee Giraaaangggg !!!

    iya, nih sama saia juga udah gak ngerasain namanya Pancasila sejak esama, tapi rasanya jiwa Pancasila kembali muncul saat berada di luar negri … apa karena gengsi dan syndrome minoritas ya? …. hehe inget jaman dulu aman … tentraaaamm ….

    Salam … Indobikers 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s