Scribd.com

Scribd.com. Dilihat sepintas, bagus banget nih situs. Baru hari ini saya mendapatkannya. Padahal website ini sudah “on” sejak dua tahun yang lalu — kayaknya😀 .
Scribd ini memosisikan dirinya sebagai sebuah situs web untuk menampung upload-an dokumen (ebook gitulah), yang dapat menampilkan isi dokumennya dahulu. Semua halaman dalam suatu dokumen bisa di-browse dengan leluasa. Jadi, bisa diketahui dulu isinya apa, baru mutusin butuh download atau ngga’.
Juga ada fasilitas untuk diskusi dan berkomentar.

ayat_ayat_cinta.jpgDibandingkan dengan yang lain, Scribd ini sih kaya situs flickr.com atau youtube.com. Artinya disana disediakan fasilitas-fasilitas untuk share content tertentu. Flickr berisi photo dan sebangsanya serta menampung aktivitas-aktivitas sosial dari komunitasnya. Youtube juga semakin meyakinkan dengan content videonya, sehingga dikenal beberapa ekstensi video baru yang lebih manusiawi untuk digunakan di internet, seperti flv ataupun mp4.

Situs ini bagi saya pribadi setidaknya mengurangi kegiatan download langsung dari google. Biasanya kalau di google semua yang ditampilkan akan saya download semua dahulu, baru dipilah-pilah. Nah, dengan website ini, dokumen yang pengin di-download bisa diliat-liat dulu, apa sih yang nyambung dengan kebutuhan kita. Baru di-download. Keren ga’.

Publish Your Documents – Easily Upload, Share, and Promote Your Documents Online,” gitu dia bilangnya. Anyway, untuk content yang lain yang bisa dibuat seperti flickr, youtube, ataupun scribd kira-kira apa ya??

Kena filter proxy

Ada yang lucu ketika saya melakukan pencarian dari salah satu input search di website ini. Setelah pencarian dari halaman home, maka kita dihadapkan halaman resultnya. Nah di halaman result ini ada lagi input search lagi. Nah, kalau kita gunakan input dari halaman ini, scribd membawa beberapa variabel tambahan, seperti previous_query (ini key pencarian di halaman pertama), query (current key), dan satu lagi adult.

Nggak jelas apa maksudnya variabel adult ini, yang pasti, isinya cuma 0 dan 1. Berarti boolean dong. Nah, kalau yang keatasnya lewat proxy, kaya ditempat saya, yang memuat list blokir adult, ya pasti tertahan. Nggak bikin susah-susah banget sih, tapi kok harus repot. Sehingga musti balik lagi ke halaman pertama.
Semoga aja scribd.com mengganti kata adult-nya itu deh.

4 pemikiran pada “Scribd.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s