Jawa Banged

Anda masih merasa orang Jawa ? Masih bisa bahasa Jawa ? Bisa nulis huruf Jawa ? Atau minimal bisa menceritakan tahun-tahun penting peristiwa bersejarah pulau Jawa ? Simpan saja jawaban anda, karena pertanyaan saya cuma basa basi.😛

Ya. Bahasan kali ini adalah tentang Jawa. Sebuah pulau di belantara nusantara. Meski kecil tapi lumayan berpengaruh. Banyak kerajaan muncul, tumbuh, dan berkembang disana. Seiring berjalannya roda waktu, Jawa memang agak kehilangan taringnya ketimbang jaman dulu kala. Namun masih lumayan, ibukota Indonesia masih di Jawa.

Wanita JawaSelain Jakarta, ada beberapa titik-titik penting di pulau ini. Sebutlah Semarang, Cirebon, Sala, Salatiga, Yogyakarta, Surabaia, Bandung, Bogor, Ngawi. Yang saya sebut terakhir merupakan kota yang sangat penting, karena saya lahir disana. Titik-titik tersebut menawarkan kekhasannya masing-masing. Atau bolehlah disebut sebagai citarasa lokal. Hehe, untuk menandingi istilah kearifan lokal.

Tetapi sudahkah anda berpikir, bahwa apa yang ada saat ini, adalah pengaruh, efek, dan hasil dari jaman dulu. Yogyakarta dengan gedung BI-nya. Apa secara ujug-ujug, ndodok magrog langsung jadi bangunan itu. Bisa diliat apik dengan pagar hijau nan permai. Yang ingin saya katakan disini adalah segala sesuatu itu ada sejarahnya. Mengutip ngendikanipun Ustad Solihan MC, bahwa semua istilah bisa dirunut asal katanya dan bagaimana sejarah bisa menjelaskan semua itu.

Dan saatnya anda sekarang melihat kembali Jawa beberapa tahun yang lalu. Awal abad 19 sampai beberapa puluh tahun kedepannya. Disini, http://djawatempodoeloe.multiply.com/. Salut untuk den mas, Priambodo Prayitno.

2 pemikiran pada “Jawa Banged

  1. hi, saya dari klang, malaysia. mewarisi darah jawa dari datuk sebelah bapa dan datuk sebelah emak saya. saya difahamkan, datuk di sebelah emak saya berasal dari jawa (Ponorogo). Saya boleh faham bahasa Jawa ‘simple’ n boleh bertutur bahasa jawa sedikit yg byk saya belajar dari kawan saya dari Indonesia.Itu saja dari saya buat masa ini. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

