anarki apa anarkhi

lanjutan dari yang anarkisme kemarin.

anarkisme ataukah anarkhisme. perilaku anarkhi ataukah paham anarkhi. saya ngga begitu mempermasalahkannya. yang saya tangkap dengan jelas adalah bahwa itu sangat berhubungan dengan kekerasan. penghancuran hak orang lain. memaksakan kehendak. bertindak di luar kewajaran. perilaku yang membabi buta –melebihi norma-norma kemanusiaan. dan kadangkala tidak manusiawi (hewani ?) kumpulan dari semua hal tersebut akhirnya menjadi layak untuk disebut sebagai isme baru. ya, anarkisme. (anarkhisme kalee ?)

taruhlah korupsi. seperti slogan salah satu pabrikan motor terkenal, indonesia juga telah mempunyai manifesto baru. mengalahkan bhineka tunggal ika. (mungkin karena sekarang bhinneka sudah menjadi dotcom) apa itu ? korupsi tiada henti. terungkap satu tumbuh seribu. patah tumbuh hilang berganti. di jagat raya birokrasi. di sela-sela baju hukum dan polisi. tidak kalah pula para politisi.

kemudian, apa hubungannya korupsi dengan kekerasan. (kan jauh tuh ?) jauh gundulmu. ya dekat lah, (masa’ ya dekat dong). silahkan meng-asosiasi-kan sendiri. males bicara fakta. suatu ketika malah saya pernah punya pikiran, kalau begitu apa bedanya perilaku korupsi dengan perilaku nazi. dua-duanya sama-sama merampas harta rakyat. yang kalau dipikir apa mereka perlu semua itu. mereka juga sama-sama berkampanye di depan masyarakat. gembar gembor. mereka juga gila kekuasaan dengan menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal. (jadinya ngga ada lagi halal haram, yang ada cuma halam)

tangan mereka terbuat dari besi. hati mereka sekeras batu gunung. tiada air mata meleleh melihat kesengsaraan. tiada hati tersayat tatkala hutan menjadi padang pasir. apakah memang sudah obsesi mereka, akan menjadikan tanah ini seperti gurun di afrika. yang bisa dipakai untuk setting film ayat-ayat cinta. jahhhh… gombal.

3 pemikiran pada “anarki apa anarkhi

  1. wah, saia tidak setuju dengan tulisa anda
    apakah anda tau apa arti sebenar nya anarki/anarkisme itu sendiri?? baik akan saia jelaskan

    Anarkisme adlah berasal dari bahasa yunani kuno
    yang artinya adalah Dunia tanpa negara.
    anarkisme adalah paham nya dan Anarkis adalah pelakunya.

    Anarkisme adalah pergerakan idiologi yang berkembang pesat di pertengahan abad dimana kaum kapitalis berkuasa dan kemanusiaan tiba² pudar begitu saja, dan negara bertanggjung jawab atas ketidak becusan nya memerintah

    lalu dengan tulisan korupsi dengan nazi??
    berbeda jelas berbeda, nazi juga adalah suatu partai, yang beridiologikan Komunis, dimana rakyat harus tunduk kepada negara, sedangkan korupsi adalah mencuri hak milk rakyat. kalau dipikir² jelas berbeda

    Nazi adalah kesadaran dah kewajiban utk negara
    Korupsi adalah pencurian hak milik rakyat

    saia rasa, begtu saja penjelasan sederhana saia

    *Salam

  2. ya. saya bahkan ndak tau apa arti sebenarnya dari kata anarki. tapi yang saya tau, anarki itu banyak disebutartikan dekat dengan kekerasan.

    demo BBM mahasiswa unas berakhir anarki.
    pelaku anarki masyarakat berakhir di bui.

    itu yang saya ambil.

    kemudian saya menghubungkan korupsi dengan kekerasan.
    korupsi secara kasat mata hanya berhubungan dengan koruptor itu sendiri dengan instansi/departemen yang ia korup.
    tidak ada hubungan secara langsung dengan rakyat.

    tetapi dari impactnya dan jika kita telusur darimana uang itu, sebenarnya mau digunakan untuk apa uang itu. maka rakyat adalah penderita utama.
    merekalah yang mempunyai. dan mereka jualah yang seharusnya memiliki hak pakai.
    memang ngga semua. tetapi logika dasarnya adalah pemerintah dengan tangan pejabat itu kan memanaje rakyat baik uangnya (pajak, retribusi, bantuan, hibah, pinjaman)dan untuk kepentingannya.

    nah, ketika ada penyelewengan uang terkorup itu, maka rakyat kehilangan uang yang seharusnya dipakainya untuk memenuhi hajat hidupnya. untuk pendidikan, untuk bayar kuliah, untuk membangun rumah, untuk mendirikan warung. rakyat yang seharusnya bisa hidup nyaman terpaksa gigit jari. dan jika itu terjadi terus menerus (maksudnya ngga setahun dua tahun), yang terjadi adalah pemiskinan sistemik, dan penciptaan lingkaran kemiskinan.
    dan “hasil” dari itu semua bisa kita liat di koran halaman 3. atau tayangan teve siang hari.

    sekarang nazi. ya, nazi adalah nama partai politik. nasional sozialis. terkenal dengan hitler-nya. yang saya ambil adalah perilaku nazi.
    yang utama adalah penciptaan pemiskinan sistemik ke masyarakat negara-negara tetangganya. taruhlah polandia. yang saat itu dilakukan secara masal dalam menimbulkan kekhawatiran, ketakutan, kemiskinan, dan efek efek yang lain. dan akhirnya timbul ketergantungan yang amat sangat.

    saya melihat ada kesamaan pada perilaku nazi dan perilaku korupsi adalah pada : penciptaan pemiskinan sistemik ini.

    mas dana ndak setuju? ya ndak masalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s