ramadhan sebentar lagi


ini hari kamis, tanggal 28 agustus 2008. bersamaan dengan tanggal 24 syaban 1429 (karena ngga yakin ini tanggal hijriyah ya berapa, aku ambil dari yse-uk.com). padahal denger denger muhammadiyah kemarin sudah menetapkan 1 ramadhan jatuhnya pas 1 september. weleh, bentar lagi puasa dong. (belagu amat sih, dari dulu juga semua dah pada ngarti senin itu mulai puasa). berarti, minggu malem dah mulai tarwih dong ?? waduh, mulai mikir nih, tarwihan yang cepet masjid mana ya ? dan senin sore nya ada buka puasa gratis dong !!! kolak, nasi bungkus, entah mungkin dapet sereal gratis juga.

kalo masalah ini saya mengaku tertinggal jauh dengan saudara-saudara artis, dan orang orang hiburan. opick aja udah jauh-jauh hari menyiapkan album relijinya. begitu juga band-band, artis-artis, penyanyi-penyanyi. yang udah siap-siap jauh-jauh hari sebelumnya. jadi, mereka lebih aware akan datangnya ramadhan dong ? boleh lah dikatakan begitu. produser dan rumah produksi sinetron juga mungkin paling paham dengan yang demikian. tetapi kan “mungkin” niatnya beda.

puasa sebentar lagi toh… tinggal hari ituh… ada senangnya ada susahnya. banyakan senengnya apa banyakan susahnya?

senengnya ya itu, banyak gratisan. susahnya ? mm… ngga usah deh. relatif untuk pribadi masing-masing. gratisan disini bisa diartikan sesuai arti sebenarnya. dan kalau beralih dari sisi etimologi ke sisi syara’nya (halah) ramadhan menawarkan gratisan-gratisan yang lain, seperti: gratis pahala beberapa kali lipat, gratis potong dosa, gratis ampunan, dll. ooo… jadi di bulan ramadhan pahala diobral, dosa dimurahkan untuk dihapus, begitu ??? ya kalo anda menangkapnya begitu, juga nda masalah. wong gusti pengeran itu memudahkan bahasanya untuk umatnya. asal paham ya ok. tetapi itu kan bahasa manusia. kalo bahasa Nya ya jauh lah.

jadi, mengapa harus susah ? ya ngga tau lah. perasaan beda aja, nggak seperti hari-hari biasa. apa mungkin tinggal dipaksa adaptif dikit lah ya… mungkin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s