Virus lagi virus lagi

Virus komputer adalah mimpi buruk pengguna komputer awam. Tak terkecuali para pengguna komputer senior di tempatku ‘bekerja’ tiap hari. Senior disini bukan dalam artian sudah mahir. Tetapi sebaliknya. Senior umurnya dan waktu bekerjanya, tetapi sangat gaptek dalam hal IT.

Maklum generasi mereka adalah generasi kejayaan mesin ketik berbadan gajah. Walhasil, ketika ada naga-naga yang tidak seperti biasa, mereka segera dan pasti mengkambinghitamkan virus.

“Wah, punyakku ada virusnya po, mas?” itu yang sering mereka keluhkan. “Ujug-ujug lambat e, ngga seperti biasanya. Gek gek virus yo ?”

Jawabku juga ngga kalah ketus. “Ya nggak mungkinlah, wong komputer sudah di dip pris. Kebanyakan nonton yang saru kali, Pak !!!!”

Untuk masalah ini mereka segera diam. Daripada pembicaraan mengarah ke hal yang menjurus pada masalah “kewibawaan”. (Memangnya mereka masih punya wibawa ? ).

Aku juga ngga habis pikir, kok tiap hari ada saja yang masih berkesempatan membuat dan menyebarkan virus. Yang bagi kebanyakan tentunya sangat amat membencinya. Bahkan sebagian kalangan sampai mengumpat, jian virus laknatullah !!! (mengumpat pake nama allah… ck ck ck) Tetapi ironisnya, virus lokal indonesia malah tumbuh subur bak jamur di musim hujan (heleh)…

Mungkin psikolog perlu membuat sebuah kajian serius untuk membahas psikologi pembuat virus. Mengapa mereka masih betah berkutat menyengsarakan manusia. Apakah mereka juga termasuk psikopat seperti Ryan. Yang selalu bertindak hanya demi kepuasan pribadinya. (wow… kepuasan !!!) Atau mungkin mereka bekerjasama dengan pihak pembuat antivirus agar produknya kelihatan ampuh dan selalu terupdate dalam membasmi virus.

Sementara ini, untuk jaringan yang saya pegang sudah agak mendingan untuk masalah virus. Komputer yang kebanyakan menggunakan OS Windows XP saya deep freeze drive C dan D nya. Selanjutnya data (My Documents) saya taruh di file server Freenas melalui LAN. Freenas adalah distro khusus file server yang ringan dan mudah memanage nya. Berbasis FreeBSD yang dikenal tangguh di dunia per-Linux-an.

Gambar dari http://arizane.files.wordpress.com/2008/05/lifecycle-virus.png

Satu pemikiran pada “Virus lagi virus lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s