masih tentang laundry (lanjutan dari masalah simply fresh laundry kemarin)


ada satu temenku di solo yang juga mencoba peruntungan rejekinya dengan membuka bisnis laundry. setauku disana dia memang sudah mendapatkan market. kuncinya : tepat waktu, bersih, pelayanan yang ramah (bukan hanya pelayan yang cantik 😛 ).

meskipun, faktor pemilihan tempat yang mudah dijangkau, juga menjadi pertimbangan. kemudian, untuk mempertahankan kepercayaan (trust) di mata konsumen, apabila terjadi kasus pakaian tertukar, langsung di follow-up dan dikasih perhatian khusus. mis: langsung ketika seminggu pakaian belum ketemu2, segera diganti dengan uang senilai sekian rupiah.

lha, nanti kalo pakaiannya ketemu, uang bisa balik dan pakaian diserahkan.

satu lagi, sebisa mungkin pihak laundry tahu no hp konsumen. selain untuk mempertahankan relasi ke-pelanggan-an, agar terasa lebih kekeluargaan dan tidak terlalu formal (alias top-down). juga kalo terjadi masalah-masalah kecil bisa ditindak lanjuti dengan cermat dan hangat.

selalu memasang tag-label di setiap pakaian juga merupakan trik agar pakaian tidak tertukar.

jujur, ketika sekali pakaianku ketukar, sumpahku, “seumur hidupku tidak akan masukin lagi ke toko itu. sumpeh !!!”

* ini contoh sikap pasif-agresif. diem di depan, ngecowos dimana-mana. tapi aku ngga sampai nulis surat pembaca di KR. ngisin-ngisini, mosok jadi terkenal karena males nyuci.

Iklan

11 thoughts on “masih tentang laundry (lanjutan dari masalah simply fresh laundry kemarin)

  1. Saya juga memakai jasa laundry…

    Alhamdulillah baju saya nggak pernah ketuker…,soalnya baju yang mau dicuci sebelum di cuci di kasih label satu-persatu dengan nama pemilik baju trsb

    Selamat cuci-mencuci ya…

    *Kalau sempet*:mrgreen:

    Yah…disempet-sepetin ding…:smile:

    Salam

  2. 1. Pelatihan Strategi Pemasaran Usaha Laundry Angkatan 1
    Pelaksanaan: 26- 27 Mei 2009

    2. Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Bagi Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan
    Pelaksanaan: 28 – 29 April 2009

    for further information :
    JOGJA TOURISM TRAINING CENTER UGM
    Kompleks UGM Bulaksumur Jl. Podocarpus II Blok C-9 Yogyakarta 55281
    Hotline: 0274-543704, Mobile : 081.2269.8965
    E-mail: traininginfo_jttcugm@yahoo.co.id
    visit : jttcugm.wordpress.com

  3. Murah bukan berarti murahan… tetapi mutu kwalitas tetap terjaga tow dan selalu dinaikkan Mutunya… Btw setiap laundry kan punya standar sendiri2 yow ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s