Apa kata mereka tentang transjogja?


Banyak juga ternyata yg berpendapat bahwa program ini adalah program ambisius yg sia2 & hanya menghamburkan uang negara. Dilihat bahwa dlm kurun waktu 3 tahun berjalannya program ini, trans jogja semakin merugi (baca : kompas.com). Banyak juga yg berpendapat bahwa program ini semakin menambah keruwetan lalu lintas kota Jogja. Di samping itu perawatan sara & pra sarana yg dinilai masih kurang, banyak yg menganggap program ini tdk akan berjalan lama. (TS kaskus, de.co – 04/01/2012 02:20 PM)

Masalah cm di sopirnya trans jogja aja ugal2an…. (andre4g63 – 04/01/2012 02:56 PM)

headway antar bus masih delay lama D belum punya jalur sendiri, jadi masih bersaing sama angkutan umum kalo dijalan D (wicaxvaganza – 04/01/2012 03:39 PM )

mash ada beberapa poin sebagai pe-er yg perlu ditingkatkan untuk memaksimalkan kinerja transjogja, semisal :

  • ada baiknya transjogja menambah jumlah halte pemberentian, halte pemberentian tidak perlu semewah yg ada apalagi dilengkapi CS karena akan menambah biaya,,, cukup halte tertentu saja yg dianggap penting yg dilengkapi dg fasilitas seperti sekarang, yg penting halte dibuat layak sebagai tempat buat menunggu bis
  • ada baiknya transjogja menambah jumlah armada bis, ini sudah jelas, halte tambah masak armada gak tambah, dg begini pelanggan tidak pelayanan cepat dan maksimal

diluar itu masih ada beberapa yg dianggap sebagai titik lemah transjogja, semisal:

  • proyek transjogja adalah proyek rugi, memang transjogja merugi tp perlu diingat klo yg rugi itu cuma beberapa trayek alias tidak semua, yg mana jika dihitung secara global mestinya sudah bisa tertutupi dg trayek transjogja yg lain,,, secara logikanya masak perusahaan yg neraca keuangannya negatif bisa survive sampai 3 thn bahkan terus ekspansi hammer:
  • proyek transjogja membuat jogja semakin ruwet, pendapat seperti ini ada benarnya walopun lebih banyak salahnya Peace: karena tanpa transjogja pun jogja sudah ruwet jadi biang keroknya bukan transjogja
    problem utamanya menurut ane ada di volume kendaraan yg lebih besar dibanding volume jalan, volume kendaraan terus bertambah sementara volume jalan segitu2 aja
    solusi untuk masalah ini imo perlu solusi yg cukup ekstrem alias sudahlah…. pemerintah cabut saja tuh subsidi BBM Peace: selain itu untuk mobil selain angkutan umum harus pakai pertamax
    cara ini setidaknya bisa mengerem laju pertumbuhan kendaraan disamping tentunya bisa memaksimalkan pemanfaan APBN untuk sektor2 lain yg lebih penting
    dg kondisi seperti ini mau gak mau “memaksa” masyarakat untuk memakai kendaraan klo bener2 kepepet sedangkan klo kondisi normal kan dah ada transjogja sebagai solusi transportasi ato kembali lagi ke laptop, yakni memaksimalkan anggota tubuh dg jalan kaki atau naik sepeda yg mana hal ini bisa berdampak positif bagi lingkungan alias go green
  • proyek transjogja memancing kisruh dg bis2 yg sudah ada, masalah ini juga sebenernya yg mbikin kinerja transjogja kurang maksimal dan akhirnya beberapa trayek merugi yakni rute transjogja tidak bisa berkembang secara maksimal karena bentrok dg rute bis2 yg ada
    untuk masalah ini memang sangat rumit, secara klo gampang dari dulu jg dah kelar hammer:
    tp pendapat ane yg nubitol, memang harus ada tindakan yg ekstrem, opsi untuk bis2 yg sudah ada cuma 2 : mau dibina atau dibinasakan Peace:
    dibinasakan disini bukan dihapus ato dimatikan, maksudnya mau gak mau transjogja masuk ke jalur bis2 yg ada dan bersaing secara sehat, bis2 yg ada sekarang terbukti secara sah dan meyakinkan memonopoli trayek2 yg ada dg cara menghalangi transjogja masuk,sementara bis2 yg ada tidak memenuhi kelayakan sebagai transportasi capedes, jadi persis seperti prinsip evolusi yakni only the stronggest will survive, jadi bis2 yg ada mau tinggal pilih mengikuti arus atw digilas oleh arus perubahan,memang kedengarannya agak klise tp itulah realita kehidupan

(l0l1p0p – 04/01/2012 05:56 PM)

Butuh kendaraan umum biar ngga macet. ini harus bgt dipikirin selain transjogja, yg bisa nyentuh jalan2 kecil (Sabine, )

Mohon atur ulang rute transjogja, buat terminal transit utama di pusat kota seperti d Jakarta. Armada jg perlu diperbanyak. (Antonio, )

saya pernah naik transjogja dari daerah malioboro ke monjali, nunggunya 2jam sendiri baru sampai rumah. Ga efisien. (Ruth Amelia,

Nunggu transjogja 3A suwe tenan ~(di(A)b(L)os, )

heran, angkotnya aja masih blm bener, #transJogja nya luamaaaaa dtgnya. iso-isone nglarang transportasi online sg akeh promone. mbelgedhes! (ajeng dinnya palupi, 12:07 AM – 14 Mar 2017)

pernah nyobain transjogja dari adisucipto sampe tamanpintar total dari nunggu sampai turun di depan tamanpintar butuh waktu ampir 2 jam (ruli, 4:29 PM – 13 Mar 2017)

TJ silit pithik! Uwe nunggu sejam di halte kentungan!!! @transjogja Bis bobrok. Sopir sakkarepe dewe nyetire. (Abraham guntur,

Se”nyaman”nya transjogja, jalurnya susah diapalin, haltenya gak sebanyak londrian di pogung, dan waktu tunggunya bikin nyerah. (Dwi Setyaningrum, 5:09 PM – 11 Mar 2017)

Dan masih banyak lagi disini https://twitter.com/search?q=transjogja

Tinggalkan komentar